Tuesday, 6 October 2009

Nvidia-Microsoft Kerja Sama dalam Komputasi GPU




SAN FRANCISCO - Nvidia mengumumkan kolaborasinya dengan Microsoft untuk mempromosikan Nvidia Tesla graphics processing units (GPU) untuk meningkatkan performa dalam melakukan computing pararel di sistem operasi Windows HPC Server 2008.

"Pasangan dari GPU dan CPU untuk menggambarkan kekuatan besar dan kesempatan untuk melakukan proses yang multicore. Nvidia bekerja dengan Microsoft dan platform server Windows HPC untuk menolong ilmuan dan peneliti dalam banyak aplikasi di dalam superkomputernya," rinci Corporate Vice President Extreme Computing di Microsoft Dan Reed, yang dikutip melalui Hardware Zone, Rabu (30/9/2009).

Penelitian Nvidia telah mengembangkan aplikasi untuk GPU di dalam platform HPC server 2008, seperti sebuah aplikasi yangdapat digunakan untuk membuat gambar automobil yang realistis. Kerja Nvidia dengan Microsoft agar dapat meng-install GPU computing Tesla dengan besar dan mempelajari aplikasi dengan optimal untuk GPU.

Terkait dengan ini, NVIDIA bekerja dengan Microsoft Research untuk menginstall Tesla GPU berukuran besar dan mempelajari aplikasi yang dioptimalisasi untuk GPU.

Selain itu, berbagai macam jenis aplikasi perusahaan, seperti data pertambangan, studi mesin, maupun intelijen bisnis, serta aplikasi ilmiah seperti molecular dynamics, komputasi keuangan, dan proses seismik yang menggunakan arsitektur CUDATM dapat meningkatkan performa hingga mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Arsitektur CUDA memungkinkan pengembang untuk menggunakan CPU dan GPU bersama-sama.

"Kombinasi dari GPU dan platform Windows telah menjadi keuntungan besar bagi VMD (Visual Molecular Dynamics) kami, membawa visualisasi molekul menjadi maju dan kemampuan analisis untuk ribuan pengguna," kata John Stone, programmer peneliti senior di University of Illinois Urbana-Champaign.

"Ketika kita bergerak ke arah struktur biomolekuler yang bahkan lebih besar, GPU akan menjadi semakin penting karena mereka membawa lebih banyak daya komputasi untuk menanggung persoalan komputasi yang dapat dipararelkan," tambahnya.

Produk komputasi GPU NVIDIA Tesla mendukung Windows XP dan Windows Vista dalam workstation dan Windows Server 2003 dan Windows Server 2008 di pusat data. Tesla C1060 dan produk komputasi GPU S1070 tersedia dari sebagian besar vendor, seperti Cray, Dell, HP dan Lenovo.


0 comments:

Post a Comment