Wednesday, 31 March 2010

Cara Menghapus File Secara Permanen Di Windows


Sebenarnya secara default jika kita menghapus/delete sebuah file, Windows akan menampung pada folder khusus yang diberi nama Recycle di hardisk. Jadi,semakin sering melakukan penghapusan akan membuat hardisk semakin penuh. Agar hal itu tidak terjadi, kita harus melakukan pengosongan recycle bin secara rutin.


Jika anda merasa direpotkan dengan hal ini, anda dapat membuat penghapusan file atau folder tanpa ditampung melalui recycle bin terlebih dahulu namun langsung terhapus secara permanen. Dengan demikian, tidak akan menjadikan recycle bin menjadi penuh, yang dapat mengurangi kapasitas hardisk.

Kelebihan tips ini adalah sesering apa pun kita melakukan penghapusan file/folder, tidak akan mengurangi kapasitas hardisk karena langsung terhapus secara permanen dari hardisk. Namun, salah satu resiko utamanya adalah jika suatu ketika secara tidak sengaja kita menghapus suatu file/folder penting maka kita akan mengalami kesulitan untuk mengembalikannya karena file/folder tersebut tidak dapat lagi dicari di recycle bin.

Jadi, sebelum anda menjalankan tips ini, perlu kiranya dipertimbangkan antara manfaat yang diperoleh dibandingkan dengan resiko kekurangannya.
Caranya adalah sebagai berikut :

Kita akan menggunakan fasilitas Windows group policy editor.

Klik Start >Run > kemudian ketikkan gpedit.msc kemudian tekan OK atau ENTER hingga muncul jendela group policy editor.

Klik User Configuration > Administrative Template > Windows Component > Windows Explorer > tampilannya seperti di bawah ini



Kemudian pada kolom sebelam kanan, klik double pada Do not move deleted files to the Recycle Bin hingga muncul jendela Do not move deleted files to the Recycle Bin Properties, seperti di bawah ini



Kemudian pilih opsi Enabled kemudian lanjutkan OK atau Apply dan tutup jendela group policy editor.

Kemudian sekarang coba anda untuk menghapus/delete sebuah file / folder kemudian coba buka folder dalam recycle bin, maka yang terjadi adalah folder recycle bin masih tetap kosong karena file/folder yang anda hapus tadi langsung dimusnahkan atau lenyap.

Selesai

Download Versi PDF

3 comments:

Modin said...

Salam kenal,

Kalo semacam itu masih bisa direcoveri filenya, tapi terima kasih deh sharingnya. Saya kira ada yang bisa benar-benar hilang dari dunia ini, walaupun direcoveri sekalipun ngak akan ketemu nama filenya. Memang ada caranya ngak tuu? Lebih asyik lagi kalo ada softwarenya nii, yang gratis lagi tentunya? Terima kasih nii ...

Salam,
http://mypengadaan.blogspot.com

QQ Maruki said...

wah kalo'file yg diinginkan bener2 pengin ilang/musnah tanpa bisa dimunculkan lagi setahu saya cara satu2nya adalah media penyimpanannya semisal HDD harus benar2 hancur dengan cara dilelehkan atau dihancurkan sampai berkeping keping sampai jadi abu/fisiknya hancur,karena spesialis hardiskpun masih mampu mengembalikan data yg pernah singgah dalam hardisk tersebut walaupun tinggal berbentuk kepingan2 cakram yang saling terpisah antar bagian satu sama lain, dan mungkin bagi kita itu mustahil untuk dilakukan.
memang seperti itu kehebatan teknologi,mungkin setahu saya sampai saat ini belum ada software yang dapat melenyapkan file dalam hdd secara permanen tanpa dapat dilakukan extreme recovery'pun.
terimakasih kunjungannya mas modin... ^^

Anonymous said...

Makasih ya ka...atas info menarik ini, moga bermanfaat... :D
Salam...

Post a Comment