Monday, 1 November 2010

Tips Menurunkan Suhu Panas Laptop/Notebook

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menurunkan suhu laptop agar kinerjanya menjadi lebih baik:

1. Pada dasarnya masalah yang umum dialami oleh laptop adalah panas, dalam pemakaian normal sekalipun laptop akan menjadi panas, usahakan menggunakan laptop di tempat yang sejuk.

2. Jangan menggunakan laptop di permukaan yang lunak seperti karpet, tempat tidur, atau dipangkuan anda. sebab permukaan yang lunak akan menghambat aliran udara dibawah laptop dan akan menimbulkan overheating atau panas berlebih.


3. Air adalah hal yang harus dijauhkan dari laptop, meskipun nantinya akan kering dan laptop akan bekerja seperti semula, sirkuit dalam laptop akan berkarat dan hambatan pada laptop akan meningkat. Sehingga efisiensi baterai akan berkurang, dan dampaknya adalah penurunan waktu pakai laptop (misal awalnya baterai akan bertahan 2jam dalam keadaan penuh, lalu terus berkurang menjadi 1jam)


4. Jagalah kebersihan laptop, karena ventilasi udara yang kotor akan menimbulkan panas yang tinggi. Bersihkan laptop secara berkala untuk menjaga temperatur tetap minimum.

5. Jangan menggunakan laptop ditempat yang berdebu. Debu yang masuk ke laptop akan menghambat aliran udara dan akan sulit untuk dibersihkan. Usahakan menggunakan laptop ditempat yang bersih.

6. Selalu gunakan notebook cooler atau alat pendingin laptop. Alat yang digunakan dibawah laptop ini sangat efektif untuk menurunkan suhu laptop. Ini memungkinkan anda untuk menggunakan laptop dalam waktu yang lama tanpa khawatir laptop anda akan mengalami overheating.

7. Hindari tempat dengan temperatur tinggi. Jangan biarkan laptop anda terkena sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan baterai cepat habis. Lebih baik gunakan laptop dalam ruangan tertutup.

8. Jangan menggunakan laptop dalam ruangan sempit. Ruangan yang sempit akan menyebabkan panas pada laptop tidak teralirkan dengan baik yang nantinya akan berakibat pemanasan pada semua komponen laptop.

Semoga Bermanfaat

Sumber : masnanda.com

0 comments:

Post a Comment