Wednesday 2 February 2011

10 Serangan Virus Terparah Sepanjang Masa (Part I)

1. Morris, 1988
Salah satu worm internet pertama yang pernah ada, Morris diciptakan oleh Robert T. Morris, seorang mahasiswa Cornell University, yang mengatakan tujuan awalnya adalah untuk mengukur besarnya internet. Karena mengeksploitasi celah pada Unix sendmail, Morris justru menginfeksi sebuah komputer berkali-kali dan akhirnya melumpuhkan 6.000 komputer (saat itu populasi internet diperkirakan hanya sekitar 60.000 saja). Walaupun Morris menyebabkan kerugian antara USD10 - USD100 juta, ia hanya dikenakan hukuman percobaan selama 3 tahun dan denda sebesar USD10.050.

2. Melissa, 1999
David L. Smith, penciptanya, menamakannya sesuai dengan seorang penari Florida yang disukainya. Melissa memaksa perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Intel Corp., dan Alcatel Lucent untuk menutup gateway email mereka karena besarnya lalu lintas yang disebabkan virus ini. Smith dikenakan hukuman 40 tahun penjara dan denda yang luar biasa besarnya. Tetapi kemudian hukumannya dikurangi menjadi hanya 20 bulan dan denda USD5.000 karena ia setuju untuk bekerjasama dengan FBI selama beberapa tahun untuk menangkap pembuat - pembuat malware lain.

3. VBS/Loveletter, 2000
Dimulai pada tanggal 4 Mei di Filipina. Worm ini menyebar ke seluruh dunia hanya dalam waktu sehari dengan menggunakan alamat email yang terdapat di komputer yang telah terinfeksi untuk mengirim pesan bervirus ke target barunya. Diperkirakan telah menyebabkan kerugian sebesar USD5,5 milyar karena sistem email berbagai perusahaan dan negara harus dimatikan untuk menghilangkan virus ini.

4. Code Red, 2001
Dimulai pada tanggal 13 Juli. Code Red menginfeksi komputer yang menggunakan Microsoft IIS Web server, mengeksploitasi suatu buffer overflow dan merusak situs dengan teks "HELLO! Welcome to http://www.worm.com! Hacked By Chinese!" Sebuah patch berhasil dibuat setelah sebulan, tetapi Code Red telah menyebabkan kerugian sebesar USD2,6 milyar dan menyebabkan gangguan hebat dalam konektivitas, menurut Internet Storm Center.

5. Nimda, 2001
Nimda ('admin' yang dibaca terbalik) hanya membutuhkan 22 menit untuk menyebar seperti Code Red. Nimda menggunakan beberapa cara yang berbeda untuk menyebar dan menciptakan email untuk menyebarkan dirinya sendiri, memancing pengguna ke situs yang terinfeksi, memanfaatkan celah pada keamanan Microsoft IIS dan memanfaatkan worm Sadmind atau Code Red yang sudah terinstall. Nimda menyebabkan kerugian sekitar USD635 juta.

4 comments:

Anonymous said...

Hi there! Someone in my Facebook group shared this website
with us so I came to take a look. I'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking and
will be tweeting this to my followers! Fantastic blog and terrific design and style.


my website - How To Jump Higher

Anonymous said...

Hi there, just wanted to mention, I enjoyed this blog post.
It was inspiring. Keep on posting!

Here is my web site - workouts to increase vertical leap

Anonymous said...

Hi there just wanted to give you a quick heads up. The words in your content seem to be running off the screen in Firefox.
I'm not sure if this is a format issue or something to do with web browser compatibility but I figured I'd post to let you know.
The layout look great though! Hope you get the
issue solved soon. Thanks

Take a look at my blog ... exercises For vertical jump

Anonymous said...

Hello there I am so delighted I found your webpage, I really found you by accident,
while I was looking on Aol for something else, Anyhow I am here now and
would just like to say thanks a lot for a marvelous
post and a all round exciting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read
through it all at the minute but I have book-marked it and
also included your RSS feeds, so when I have time I
will be back to read a lot more, Please do keep up the superb jo.


Also visit my homepage exercises for vertical jump

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.