Friday, 6 March 2009

Windows 7 Muncul Enam Versi


Microsoft bakal merilis sistem operasi terbarunya Windows 7, dalam enam versi yang berbeda. Penjelasan itu dimuat dalam situs resmi Microsoft, Selasa 3 Februari 2009.

"Ada banyak segmen pelanggan penting kami, dan kami ingin meyakinkan bahwa kami menyediakan berbagai produk yang cocok untuk setiap orang," ujar General Manager Windows Mike Ybarra.

Menurutnya, salah satu tujuan Windows 7 adalah
upgrade dari versi sebelumnya. Misalnya, para pengguna Vista Basic diharapkan akan meningkat menjadi pengguna Windows 7 versi Basic.

Microsoft juga mengatakan bahwa Windows 7 kali ini bisa beroperasi pada berbagai jenis komputer, mulai dari netbook kelas bawah (low-end) hingga komputer untuk game kelas paling tinggi (highest-end). Lebih lanjut, Ybarra memberikan detilnya:

Windows 7 Starter Edition
Versi ini hanya ditawarkan secara pre-installed oleh OEM (Original Electronic Manufacture). Oleh karenanya ia hanya akan tersedia melalui kanal OEM, pada komputer-komputer PC baru jenis tertentu saja.

Windows 7 Home Basic
Versi ini akan disediakan hanya untuk negara-negara berkembang, di mana konsumen menginginkan versi Windows bagi pemula.

Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Premium adalah salah satu pilihan yang direkomendasikan kepada konsumen, karena diklaim Microsoft bakal memberikan fungsi-fungsi yang lengkap. Versi ini, menurut Microsoft, memberikan pengalaman visual yang kaya, cocok untuk hiburan, juga memudahkan pengguna dalam melakukan koneksi dengan perangkat-perangkat lain.

Windows 7 Proffesional
Versi ini direkomendasikan bagi perusahaan skala kecil dan bagi orang yang bekerja di rumah tapi harus memiliki lingkungan bisnis di mana keamanan dan produktivitas sangat vital. Bagi yang telah menggunakan Windows Vista Business, menurut Microsoft, seharusnya akan 'pindah' ke versi ini.

Windows 7 Ultimate
Versi ini diperuntukkan bagi para penggemar komputer (PC enthusiast) yang menginginkan semua fitur-fitur Windows 7, termasuk fitur-fitur keamanan seperti BitLocker yang diberikan oleh Windows 7 edisi Enterprise.

Windows 7 Enterprise
Versi ini juga disediakan sebagai edisi Enterprise, untuk pelanggan tahunan Microsoft yang terikat Software Assurance agreement. Edisi ini tidak akan tersedia di pasar ritel atau di komputer baru pada kanal OEM. Ia meliputi berbagai fitur untuk bisnis seperti proteksi data, tool manajemen PC, dan fitur-fitur lain yang dirancang untuk mereduksi ongkos perusahaan.

Namun, belum ada penjelasan resmi mengenai harga. Menurut Microsoft Indonesia, Microsoft tak akan membanderol Windows 7 lebih mahal dari harga Windows Vista.


0 comments:

Post a Comment